Rabu, 27 Juni 2012

Aku cinta budaya Indonesia

Aku cinta budaya Indonesia. Berbagai macam Budaya, Adatistiadat, Agama, Moral, tempat wisata dan lainnya di Indonesia. Bila dilihat dari macam-macam budayanya, mungkin Indonesia adalah negara paling kaya dibandingkan dengan negara lain. Bukan kaya akan uang tapi kaya akan alam bagaimana tidak? Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau, di mana tiap pulau memiliki beranekaragam keindahan alam seperti gunung, air terjun dan lainnya ada pula tempat-tempat wisata yang indah seperti Bantingmurung, Malino, Bali, dan masih banyak lainnya. Hal ini membuat Indonesia benar-benar beranekaragam.

Sebelum saya bahas tentang budaya indonesia kita perlu tahu dulu apa itu budaya? Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yaitu, sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Indonesia mempunyai berbagai macam budaya yaitu mulai dari Sosial, Teknologi, bahasa adat istiadat , kesenian dan lainnya.

1. Sosial
berkaitan erat dengan ras dan suku bangsa. Banyaknya pulau menjadikan Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak ras dan suku. Misalnya suku Batak di Sumatera, suku Dayak di Kalimantan, suku Betawi di Jawa, atau suku Asmat di Papua dan masih banyak suku-suku yang lain dan menjadi saudara sebangsa kita.
Tiap suku punya ciri khas yang memiliki kecantikan masing-masing, begitu pula dengan tradisi sosialnya. Semua aspek kehidupan tiap suku adalah akar budaya nasional Indonesia.


2. Teknologi
Teknologi adalah semua hal yang diciptakan manusia sebagai alat untuk mempermudah kehidupan. Kebudayaan teknologi yang dimaksud adalah budaya masyarakat dalam menemukan beberapa hal penting sebagai penunjang hidup. Macam-macam budaya teknologi adalah:


Senjata
Senjata adalah teknologi ciptaan manusia yang berfungsi untuk melukai, digunakan baik dalam hal menyerang atau pun melindungi diri dari ancaman. Di Indonesia sendiri, tiap daerahnya punya senjata dengan ciri khas bentuk masing-masing. Misalnya, rencong dari Aceh,  keris dari Jawa Tengah, atau Mandau dari Kalimantan dan masih ada lagi senjata-senjata di setiap provinsi masing-masing dan penggunaannya tidak sembarangan.


Pakaian
pakaian merupakan salah satu teknologi ciptaan manusia yang berfungsi menutup atau melindungi tubuh. Setiap daerah di Indonesia punya pakaian adat yang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Contoh macam-macam budaya pakaian adalah kebaya dari Jawa atau baju bodo dari Sulawesi.

Tak hanya pakaian itu sendiri, Indonesia memiliki beragam kain unik yang menjadi bahan utama pakaian. Misalnya saja kain songket atau kain batik, semua kain memiliki corak dan cara pembuatan yang berbeda-beda. Hendaknya kita melestarikan budaya yang satu ini agar tak semakin tenggelam.

Rumah/bangunan
Indonesia memiliki begitu banyak rumah adat dengan ciri khas masing-masing daerah. Macam-macam budaya rumah adat. Misalnya, rumah gadang dari Sumatera Barat, rumah joglo dari Jawa, atau tongkonan dari Sulawesi Selatan. Itu hanyalah sebagian contoh, dan masih banyak rumah-rumah adat yang lainnya di Indonesia yang digunakan sebagai tempat tinggal.

Sistem transportasi
Teknologi  yang satu ini  diciptakan untuk memudahkan manusia untuk mencapai suatu tempat tujuan dengan lebih mudah. Di Indonesia ada beberapa kendaraan khas, misalnya andong/dokar yang menggunakan tenaga kuda dan perahu pinisi

3. Kesenian
Budaya Indonesia tak lepas dari aspek kesenian daerah. Kesenian itu sendiri adalah ekspresi manusia yang bisa dinikmati oleh mata dan telinga. Di Indonesia, ada bermacam-macam kesenian, berikut contohnya :

Lagu
Pernah dengar lagu Apuse? Ampar-Ampar Pisang atau CingCangkeling? Semua lagu-lagu dengan bahasa daerah itu merupakan budaya kesenian yang melekat hampir di seluruh penduduk Indonesia.

Tarian
Di  berbagai daerah, terdapat kesenian berupa tari-tarian sebagai wujud ekspresi manusia terhadap berbagai hal. Misalnya terhadap perang, penyambutan tamu, atau rasa syukur saat panen tiba. Contoh macam-macam budaya tari adalah tari saman dari Aceh, tari pendet dari Bali, atau tari lulo dari Sulawesi Tenggara.

Sastra (bahasa)
Bahasa adalah alat komunikasi manusia. Di Indonesia, kita bisa menemukan macam-macam budaya bahasa, seperti bahasa Makassar, bahasa Bugis bahasa Jawa, bahasa Bali, dan masih banyak lagi. Semua memiliki pengucapan yang berbeda-beda dan disatukan oleh bahasa nasional Indonesia. Tapi utamakanlah bahasa kita yaitu bahasa Indonesia.

Seni sastra juga mencakup cerita atau dongeng rakyat, biasanya berkaitan erat dengan asal-usul suatu daerah atau cerita kerajaan zaman dahulu. Misalnya cerita Timun  Mas, Tangkuban Perahu, atau cerita MalinKundang yang sangat sarat akan pesan moral.

Alat musik
Lagu dan tarian tak akan lengkap tanpa musik. Di Indonesia, musik-musik daerah dimainkan  oleh beragam alat musik yang memiliki suara indah. Contohnya adalah angklung  yang  terbuat dari bambu, gamelan yang dibuat dari besi, atau sasando yang merupakan alat musik petik dengan suara indah.

Itulah sebagian dari macam-macam budaya Indonesia sebenarnya sih masih banyak budaya-budaya Indonesia yang perlu di lestarikan. Jadi, jangan tinggalkan atau lupakan budaya Indonesia agar budaya indonesia tidak tenggelam. Itu postingan saya terimah kasih semoga bermanfaat bagi kita semua.


2 komentar:

  1. Semangat mengindonesiakan indonesia...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking sore & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus